Hi Sobat KodePromo, kali ini saya akan membahas tema yang cukup menarik akhir-akhir ini di dunia bisnis online. Apa itu? Kayaknya menarik nih ngomongin bisnis😀. Yap tema yang akan saya bahas disini adalah digital marketing. Bagaimana menerapkan startegi dengan digital marketing menggunakan website untuk memperbesar jangkauan pasar, membangun brand awarness yang pada akhirnya akan meningkatkan revenue bisnis sobat sekalian.
Tapi ngomong-ngomong digital marketing itu apa sih?. Digital marketing adalah upaya pemasaran dengan menggunakan perangkat elektronik seperti website, aplikasi media sosial (instagram, facebook, twitter, whatsApp, dll). Pasti sobat sekalian pernah lihat dong ada sebuah website yang terdapat iklan didalamnya, atau Instagram Story temen yang memasarkan produk yang meraka jual. Nah itulah penerapan digital marketing.
Pada artikel kali ini, saya akan berbagi bagaimana penerapan digital marketing melalui beberapa teknik yang pernah saya terapkan sendiri (berdasarkan pengalaman pribadi). Sebelum membahas lebih jauh, sobat dipersilahkan sambil ngopi atau ngeteh, biar santai bacanya hehe
Untuk memulai pemasaran secara digital tentunya sobat harus memiliki sebuah produk/layanan. Lah kalo gak punya produk/layanan apa yang mau di pasarkan dong? Nah loh.
Eits tapi tunggu dulu! Ternyata ada konsep bisnis yang tidak memerlukan produk sama sekali, yang sobat perlukan hanyalah kemampuan teknis digital marketing. Apa Itu? Tekniknya adalah Affiliate Marketing. Nanti akan saya jabarkan lebih dalam mengenai teknik tersebut di artikel ini.
Ok lanjut. Langkah ke-2 yang sobat harus miliki adalah sebuah website. Website merupakan satu kesatuan dari Domain dan Hosting. Domain adalah URL alamat website, sedangkan hosting adalah ruang penyimpanan yang diguanakan untuk menampung data website sobat. Analoginya banguan toko yang berdiri untuk menjajakan produk/layanan yang sobat jual merupakan hosting dan alamat toko tersebut adalah domain. Sudah cukup jelas kan 😀
Lalu bagaimana cara memiliki domain dan hosting? Sobat tidak perlu bingung untuk urusan yang satu ini, karena ada banyak penyedia layanan domain dan hosting di Indonesia.
Jika sobat sudah mempunyai website, sobat bisa memulai menginstall CMS WordPress. Cukup mudah kok tinggal install di panel hosting. Kalau mengalami kendala akan hal ini, sobat bisa hubungi saya atau bisa juga langsung ke CS hosting nya, pasti dibantu akan dibantu hehe
Kok pake wordpress sih gak pake CMS lain? WordPress adalah CMS yang sangat mudah digunakan oleh pemula dan paling banyak digunakan di dunia ini. Selain itu sudah banyak plugin yang bisa sobat gunakan dan yang paling utama adalah SEO Friendly, jadi cms ini sangat mendukung untuk menerapkan teknis digital marketing kita.
Sekarang amunisi utama sobat sudah ada (produk / layanan + Website). Selanjutnya sobat akan menuju ke pertempuran yang sesungguhnya 😎.
Banyak orang yang sudah memiliki website tapi mereka tidak mampu mendatangkan banyak kunjungan ke websitenya. Artinya, mereka belum terjun atau belum berhasil ke medan pertempuran Digital Marketing. Produk + Website + Digital Marketing itu adalah satu kesatuan yang harus di miliki dan diterapkan untuk sukses berbisnis online.
Ada banyak teknik digital marketing yang sering diterapkan oleh para digtal marketer di dunia, beberapa teknik tersebut diantaranya :
- SEO ( Search Engine Optimization)
SEO merupakan teknik digital marketing yang bertujuan untuk mengoptimalkan website sobat agar bisa berada di halaman teratas mesin pencari. Ada banyak mesin pencari di internet seperti Google, Yahoo, Bing, dll. Teknik ini paling banyak digunakan oleh para digital marketing, karena optimasinya hampir bersifat permanen. - SEM ( Search Engine Marketing)
Teknik SEM bisa dibilang teknik tercepat dalam menciptakan brand awarness produk dan mendatangkan banyak pengunjung website sobat. Kok bisa? Ya dengan menerapkan SEM, website sobat bisa langsung berada di halaman 1 google bahkan di 3 baris daftar pencarian halaman pertama. Namun sobat harus membayar sejumlah uang untuk iklan per klik. Harganya akan bergantung dari tingkat kompetisi dan jumlah pencarian kata kunci yang akan di tampilkan. - Sosial Media Marketing
Zaman sekarang siapa yang tidak kenal dengan sosial media. Mungkin sebagian dari sobat menggunakan sosial media sebagai tempat curhat kehidupan atau buat ngepoin IG mantan wkwkwk. Nah sekarang sosial media bisa juga digunakan buat pemasaran produk sobat loh. Tapi sekali lagi sobat perlu membayar sejumlah uang untuk bisa cepat meningkatkan jumlah kunjungan dan penjualan. Kalo sobat horang kaya mah ga masalah pake teknik ini hehe. Kalau sobat mempelajari teknik ini dengan baik tidak ada salahnya kok, semua teknik itu baik asal kita fokus dan menguasainya. - Affiliate Marketing
Teknik Affiliate marketing adalah salah satu teknik yang saya sukai nih sobat sekalian. Mengapa demikan? karena dengan teknik affiliate ini, kita bisa menghasilkan revenue tanpa memiliki produk/layanan sendiri. Jadi sobat akan bekerja sama dengan pemilik produk/layanan dan membantu mereka memasarkan produknya di halaman website sobat. Apabila mendapatkan penjualan, mereka akan memberikan sejumlah komisi - Iklan Native
Iklan native adalah iklan yang kita pasang secara langsung melalui penawaran dan program kerja sama. Iklan native biasanya akan ditampilkan dalam periode tertentu sesuai dengan jumlah bayaran sobat tentunya. Menurut saya iklan native boleh diterapkan namun tidak menjadi langkah awal sobat dalam mengimplementasi teknik digital marketing.
Oke dari ke-5 teknik digital marketing diatas, 2 diantaranya akan saya share lebih jauh mengenai SEO dan Affiliate Marketing, karena dari pengalaman saya pribadi, kedua teknik tersebut lebih mudah diterapkan oleh pemula dan tidak memerlukan modal yang besar dibandingkan menerapkan SEM, Sosial media marketing, dan iklan native.
Kita mulai dari SEO dulu ya. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa terdapat banyak mesin pencari di internet seperti Google, Yahoo, Bing, dll. Namun yang paling populer dan paling banyak diakses di Indonesia adalah Google. Data bulan oktober 2019 menyebutkan bahwa market share google ada diangka 97% yang artinya hampir semua orang Indonesia menggunakan Google sebagai mesin pencari di browser mereka.
Oleh karena itu sobat sangat disarankan untuk mengoptimalkan SEO di mesin pencari Google terlebih dahulu. Sobat harus mengetahui indikator-indikator apa saja yang dapat membuat website sobat di cintai oleh algoritma google. Tapi jangan khawatir saya akan jelaskan apa saja indikator tersebut, berikut diantaranya :
1.Kecepatan akses dan Uptime Website
Menurut saya ini adalah hal yang sangat krusial. Jika website sobat tidak memiliki kecepatan akses (page load) yang baik dan website sering down, maka website sobat dapat tergerus di rangking pencarian. Namun sekali lagi sobat tidak usah khawatir akan hal ini jika menggunakan layanan Cloud Hosting yang saya sarankan diatas, kecepatan akses dan uptime website telah di jamin.
2. Konten yang mudah dan enak dibaca
Konten juga menjadi indikator penting. Jika website sobat memiliki konten yang baik maka pengunjung akan betah berlama-lama di website sobat, bahkan akan kembali lagi di kemudian hari. Hal ini akan berdampak pada bounce rate website. Semakin lama durasi pengunjung membaca website maka bounce rate akan semakin rendah, sehingga hal ini menjadi indikator yang baik untuk website bisa konsisten di rangking teratas pada mesin pencari.
3. Pemilihan Kata Kunci (Keyword)
Kata kunci bisa jadi merupakan produk/layanan yang sobat miliki. Namun, pemilihan kata kunci pada dasarnya bisa menjadi sebuah ide jika sobat belum memiliki produk/layanan yang ingin di pasarkan. Sobat bisa melakukan riset kata kunci melalui tools gratis dari google atau tools lain yang berbayar. Google memiliki layanan Keyword Planner yang bisa sobat gunakan secara gratis. Ketika sobat sedang melakuan riset, fokuslah terlebih dahulu pada kata kunci yang memiliki kompetisi rendah (low) dan tingkat pencarian diatas 500.
Saya contohkan seperti berikut :
Jika sobat memasukkan kata kunci “Baju Koko” pada Google Keyword Planner, sobat akan diberikan beberapa sugesti kata kunci turunan beserta jumlah pencarian perbulan dan tingkat kompetisinya. Pada kasus ini “baju koko gus azmi” memiliki tingkat persaingan yang rendah dan jumlah pencarian rata-tata 880 perbulan.
Dari hasil contoh kasus ini, sobat sudah menemukan kata kunci yang pas untuk dimasukkan kedalam konten website. Sekarang pilihannya ada 2, sobat ingin menjual sendiri produk tersebut atau hanya ingin menjadi penyalur produk. Jika sobat ingin menjual sendiri tentu sobat harus menemukan supplier baju koko guz azmi, namun jika tidak, sobat bisa menjadi penyalur yang dimana di dunia digital marketing biasa disebut dengan Affiliate Marketing.
Affiliate Marketing menjadi sebuah trend baru di dunia digital merketing indonesia seiring dengan berkembang pesatnya e-commerce tanah air. para pencipta produk maupun situs besar e-commerce menerapkan strategi win-win solution, yang mana mereka akan dibantu oleh affiliate marketer dalam memasarkan produknya lalu affiliate marketer akan di berikan sejumlah imbalan dalam bentuk komisi. Menarik Bukan? Ya sangat menarik. Cobalah Take Action, karena sesuatu yang belum pernah dicoba pasti kita tidak akan tahu hasilnya hehe.
Ok Kita Lanjut..
4. SEO On Page dan SEO Off Page
Setelah mendapatkan kata kunci dan sobat telah memutukan untuk menjual produk sendiri maupun menjadi affiliate marketer. Langkah selanjutnya adalah sobat harus fokus dalam mengoptimasi halaman produk tersebut. Sobat harus menempatkan kata kunci di judul postingan dan dideskripsi atau paragraf pertama. Hal ini dilakukan agar Google dapat dengan mudah menetukan website mana yang memiliki judul dan konten yang memiliki kata kunci tersebut saat pengunjung mengetikkan kata kunci di google. Lalu buatlah deskripsi atau tulisan 300 hingga 500 kata mengenai produk yang sobat pasarkan. Jika sobat telah menerapkan hal tersebut, itulah yang dinamakan SEO On Page.
Lalu bagaimana dengan SEO Off Page?
Ketika sobat telah selesai melakukan optimasi SEO ON Page, sobat bisa mempromosikan link mengenai produk tersebut ke website teman sobat atau di forum. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan melakukannya secara berlebihan. Secara alaminya, jika sobat memiliki konten yang bermanfaat maka kemungkinan orang akan mengulasnya dan sobat bisa mendapatkan link menuju website sobat dari website mereka.
Sejauh ini saya sudah mengupas semua permukaannya, sobat bisa mendalaminya lagi agar bisa menerapkan teknik digital marketing ini dengan baik. Demikanlah artikel tips jalan sukses menggunakan website melalui implementasi digital marketing. Semoga bermanfaat bagi sobat sekalian. Sampai jumpa di artikel tips selanjutnya, salam digital 😊.